skl un

9. Bahasa Indonesia (Program Bahasa) SMA/MA
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) URAIAN
1. Siswa mampu membaca dan memahami,
secara kritis berbagai jenis wacana tulis/teks
nonsastra dan nonteks (berbentuk grafik,
tabel), artikel, tajuk rencana, laporan, karya
ilmiah, teks pidato, dan berbagai jenis paragraf
(narasi, deskripsi, argumentasi, eksposisi, dan
persuasi).
• Memahami berbagai jenis wacana dengan
membaca intensif dan ekstensif mencakup:
– isi teks bacaan, tabel atau grafik
– intisari, atau rangkuman teks
– ide pokok bacaan
– kalimat pertanyaan
2. Siswa mampu menulis, untuk mengungkapkan
gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi
dalam bentuk teks narasi, deskripsi, eksposisi,
argumentasi, teks pidato, artikel, proposal,
surat dinas, surat dagang, memo, rangkuman,
ringkasan, notulen, laporan, dan karya ilmiah
dengan mempertimbangkan kesesuaian isi
dengan konteks, kepaduan, ketepatan struktur,
ejaan, pilihan kata, dan menyunting berbagai
jenis wacana tulis.
• Mengungkapkan pikiran dan informasi
dalam berbagai wacana tulis mencakup:
– pola paragraf dan jenis paragraf (narasi,
deskripsi, eksposisi, persuasi, dan
argumentasi, serta deduktif, dan
induktif)
– surat resmi (surat lamaran pekerjaan,
surat niaga, surat kuasa, dan memo)
– proposal
– notulen
– daftar pustaka dan catatan kaki dalam
karya tulis
– laporan/diskusi, seminar
– penyuntingan berbagai teks
– ringkasan isi artikel
– gagasan dan pendapat untuk berbagai
keperluan
3. Siswa mampu menguasai berbagai komponen
kebahasaan dalam berbagai lisan dan tulis.
• Memahami dan menggunakan berbagai
komponen kebahasaan mencakup:
– jenis frase dan klausa, struktur kalimat,
kata berimbuhan, kata majemuk
– relasi makna (makna konotatif dan
denotatif, gramatikal dan leksikal, kias
dan lugas, umum dan khusus)
– kohesi dan koherensi paragraf
– jenis paragraf berdasarkan letak
kalimat, topik, dan isi
– perubahan, pergeseran makna kata, dan
hubungan makna kata
– berbagai ragam bahasa (lisan, tulis,
baku atau tidak baku)

Tentang mawarelprida

im a student,i'm single now so let joint with me
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s